Jagal Diminta Tak Merokok Kala Sembelih Hewan Kurban

12:28 PM
Jagal Diminta Tak Merokok Kala Sembelih Hewan Kurban - Khawatir mengandung bahan berbahaya yang mudah larut, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Sleman meminta masyarakat tidak menggunakan plastik hitam untuk bungkus daging kurban.



Kepala Bidang Peternakan DPPK Sleman, Suwandi Aziz, menjelaskan plastik hitam dikhawatirkan terbuat dari bahan plastik daur ulang. Plastik berbahan tersebut biasanya mengandung karsinogenik dan dapat larut ke dalam daging.

“Jika sudah larut dan dikonsumsi dalam jangka panjang bisa berbahaya bagi tubuh. Terutama bisa menyebabkan gagal ginjal,” ungkap Suwandi kepada Tribun Jogja, Selasa (22/9/2015).

Ia menyarankan pengemasan daging kurban menggunakan plastik transparan atau putih. Saran ini sudah ia sampaikan kepada takmir masjid saat sosialisasi penyembelihan hewan kurban beberapa waktu lalu.

"Kami sampaikan kepada panitia kurban untuk benar-benar memperhatikan hal ini, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat,” imbuh dia.

Saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban, petugas Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Sleman akan terjun memberikan pendampingan kepada masyarakat, dibantu mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

“Tim akan kami sebar ke sentra pemotongan hewan. Masyarakat dapat meminta bantuan pendampingan mulai dari pemotongan hingga pengemasan kepada petugas yang ada di lapangan,” kata Aziz.

Terpisah, Direktur Pusat Kajian Halal Fakultas Peternakan UGM, Nanung Danar Dono, mengatakan masyarakat diminta untuk memeriksa organ dalam hewan kurban setelah proses penyembelihan.

Jika ditemukan keganjilan pada organ tersebut disarankan segera menghubungi ahli kesehatan ternak yang ada di lapangan. Kasus yang kerap ditemui adalah bintik-bintik atau totol pada hati hewan kurban yang sudah disembelih.

Tanda tersebut bisa jadi terindikasi cacing hati pada hewan yang disembelih. "Kami juga menyarankan masyarakat tak menyembelih sambil merokok karena akan mencemari daging dengan aroma tidak sedap,” papar dia.(Kabar Haji)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »