Jeroan Hewan Kurban Disarankan Tak Dibagikan

12:33 PM
Jeroan Hewan Kurban Disarankan Tak Dibagikan  - Dinas Pertanian Kota Semarang mengimbau kepada panitia kurban agar tidak membagikan jeroan atau organ dalam tubuh hewan kurban ke masyarakat. Imbauan itu terkait dengan temuan sejumlah jenis penyakit yang bisa ditularkan lewat organ dalam sapi yang telah terkena penyakit.


“Sebaiknya jangan dibagikan, siapa tahu sapi sedang mengidap penyakit yang bisa menularkan ke manusia,” kata Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Semarang Adhityani, Ahad, 5 Oktober 2014. (Baca juga: Hewan Kurban di Malang Terinfeksi Cacing Hati)

Selain penyakit cacing hati, tim pemeriksa penyembelihan hewan kurban di Kota Semarang menemukan infeksi paru atau pneumonia pada sapi yang telah disembelih.

Petugas Klinik Hewan Gayamsari, Kota Semarang, Hutamadi, membenarkan temuan penyakit paru pada sapi saat dia memeriksa hewan kurban di Masjid Agung Kota Semarang. Menurut dia, sapi yang terjangkit penyakit itu mudah menularkan ke hewan lain saat penjualan atau pemeliharaan. “Makanya, kami minta paru-paru dan hati yang terbukti mengandung penyakit dibuang,” ujar Hutamadi.

Pemerintah Kota Semarang akan terus memeriksa hewan korban saat penyembelihan pada tiga hari ke depan. Sebanyak 55 petugas medis hewan disebarkan untuk memeriksa hewan kurban yang telah disembelih. (Kabar Haji)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »